Jumat, 22 April 2016

Sehat dengan musik???

Bebicara soal musik atau manfaatnya tidak cukup kita uangkapkan dalam waktu yang singkat Dapat di pastikan hampir semua orang suka mendengarkan musik, baik musik seperti pop, jaz, kroncong, rohani sampai musik dangdut yang makin banyak digemari kaula muda sampai tua. Melihat atau mendengar musik pastinya akan membuat rasa menjadi berbeda, sama seperti waktu melihat kemegahan yang belum Anda lihat sebelumnya, melihat lukisan pada langit di Kapel Sistina, atau mendengarkan lagu dari Bang Opick, ternyata semua itu bisa meningkatkan Imun atau sistem pertahanan tubuh, juga beberapa manfaat lain dari mendengarkan musik.



Pendapat Ilmuan Tentang  Manfaat Musik


Beberapa ilmuwan yang meneliti Manfaat Musik yang berasal dari University of California, Berkeley(UCB) baru-baru ini menemukan beberapa fakta apabila masalah emosi positif, paling utama perasaan kagum kepada keindahan alam, seni, juga  spiritualitas, hal itu bisa menurunkan pada level protein sitokin yang mana bisa memicu sebuah peradangan. Seperti yang diungkapkan oleh seorang peneliti bernama Jennifer Stellar, Mengatakan apabila mendengarkan musik, imun akan semakin kuat dan diyakini bisa membuat orang panjang usia. Luar biasa itu yang kita inginkan? Karena , Protein tersebut akan memberi sinyal kepada sistem imun tubuh supaya bisa bekerja lebih keras lagi,” ungkap Jennifer Stellar, salah seorang pemimpin utama dari beberapa penelitian, seperti dilansir media Science Daily. Penelitian tersebut sudah diterbitkan pada jurnal Emotion. Jennifer Stellar menambahkan, apabila temuan terbaru itu, memperlihatkan apabila emosi positif akan berasosiasi dengan menjadi sebuah tanda kesehatan yang sangat baik. Walaupun  sitokin sangat diperlukan dalam menggiring sel pertahanan tubuh dengan tujuan bisa bertempur lawan penyakit, level sitokin yang memang tinggi dapat menunjukkan pada kondisi kesehatan seseorang yang lemah, atau misalnya pada penyakit diabetes tipe-2, jantung, arthritis, sampai Alzheimer. Para ilmuwan selama ini hanya meyakini apabila dengan pola tidur, makan, sampai olahraga yang baik maka bisa meningkatkan pada sistem kekebalan tubuh. Pada Studi yang dilakukan University of California, Berkeley, tersebut, adalah sebuah riset pertama yang menunjukan apabila masalah emosi positif pun sangat berperan pada peningkatan sistem imun. “Semua hal yang indah yang bisa mendorong pada kadar sitokin yang lebih sehat tersebut, ternyata mempunyai banyak pengaruh yang dirasakan langsung pada kesehatan juga pada usia harapan hidup,” tandas Dacher Keltner, salah satu anggota dari penelitian. Pada sekitar 2 percobaan yang terpisah, hampir sekitar 200 orang dewasa langsung ditanyai terkait sejauh mana juga kapan mereka rasakan adanya sebuah emosi positif. Sampel gusi juga jaringan pipi orang yang alami emosi positif di hari tersebut, ternyata mempunyai sitokin dengan level yang paling rendah.


5 Hal Hubunngan Musin dengan Kesehatan



    1. Meningkatkan mood atau suasana hati

Beberapa orang mendengarkan musik untuk membantu memberikan dorongan pada saat melewati hari yang berat, sementara yang lain mungkin mendengarkan musik agar tetap terjaga selama menyetir mobil. Setiap orang bereaksi terhadap musik dengan cara yang berbeda. Satu orang mungkin menyukai musik metal atau dangdut, sementara yang lain akan merasa bahagia jika mendengarkan Rohani.


    2. Membantu Anda berkonsentrasi.

Sebuah ‘tonic digital’ baru yang disebut Ubrain, yang bisa diunduh ke smartphone, diklaim bisa membantu orang untuk bisa fokus, berenergi, bangkit, serta bersantai. Proses ini menggunakan dua ketukan yang berbeda pada tiap telinga, yang bertujuan untuk menciptakan sebuah binaural beat, yang dapat merangsang aktivitas tertentu di dalam otak. Dengan membantu otak untuk menghasilkan gelombang tertentu, maka kita dapat menginduksi bagian yang berbeda dari kewaspadaan, tergantung pada tujuan apa yang akan kita lakukan. – jelas seorang psikolog klinis yang berbasis di Paris. Jika kita merasa cemas atau stres, kita bisa mendorong korteks serebral diotak untuk menghasilkan gelombang frekuensi alpha yang lambat. Sementara di ujung skala lain, jika kita membantu korteks untuk menghasilkan gelombang beta cepat, kita akan lebih siap untuk berkonsentrasi dan memusatkan perhatian kita pada tugas.


    3. Membantu Kesehatan mental

Musik bisa sebagai pengobatan yang efektif dan positif bagi orang-orang yang berurusan dengan kondisi kesehatan mental. Ada dua cara terapi musik yang berbeda bisa digunakan: Baik sebagai sarana komunikasi dan ekspresi diri,dan untuk restoratif atau penyembuhan. Seseorang sangat mungkin untuk menggunakan musik untuk mengekspresikan hal-hal yang tidak dapat mereka ungkapkan dengan kata-kata. Hal ini juga bisa bertindak sebagai stimulus untuk membangkitkan kenangan lama yang telah terkubur atau untuk membangkitkan tanggapan emosional yang mungkin akan memakan waktu berminggu-minggu untuk bisa disampaikan.


    4. Melepaskan stres
Hampir sepertiga dari orang yang mendengarkan musik bertujuan untuk memberikan dorongan suasana hati yang berhubungan dengan pekerjaan. Dan hampir satu dari empat orang mengatakan, bahwa dengan mendengarkan musik ketika dalam perjalanan ke tempat kerja telah membantu mereka menghilangkan stres. Musik bisa menjadi penyemangat yang bagus ketika Kita merasa merasa stres. Putarlah salah satu lagu favorit Anda, karena itu bisa sangat menenangkan dan membantu mengurangi kecemasan.


    5. Manfaat positif terhadap pasien

Musik benar-benar berdampak positif yang signifikan terhadap pasien dengan penyakit kronis, seperti penyakit jantung, kanker dan pernapasan. Banyak percobaan telah menunjukkan bahwa musik bisa membantu menurunkan detak jantung, tekanan darah dan membantu meredakan rasa sakit, kecemasan dan meningkatkan kualitas hidup pasien. Musik bisa sangat berguna bagi seseorang yang berada dalam keadaan, di mana mereka telah kehilangan banyak kontrol terhadap lingkungan diluar mereka – misalnya mereka yang harus berada di rumah sakit untuk jangka waktu yang lama karena penyakit yang serius dan kurang bisa bergerak. Hal ini dapat memberikan rasa mengontrol kembali, serta menciptakan suasana pribadi yang tenang, dan menghalangi beberapa gangguan di sekitar pasien.



Apapun jenis musik Anda, jika Anda menyukainya, maka itulah yang bisa bermanfaat bagi kesehatan mental dan fikiran dan dalam kehidupan sehari-hari "Hidup hampa tanpa musik" begitu kata pepatah tempo dolueeee....

0 komentar:

Posting Komentar

Semoga Artikel diatas dapat membantu menemukan apa yang sedang Anda cari. Silahkan tinggalkan komentar.