Jumat, 22 April 2016

Si Jahe Berkasiat

Si Jahe Berkasiat
Dinginnya udara malam membuat badan terasa menggigil. Rasanyya tak ingin lama-lama  pergi tidur. Padahal kerjaan masih menumpuk. Mau ditinggal tidur gimana ya ? Kerjaan masih menumpuk terus kapan rampungnya? Bila dipaksakan bisa-bisa badan masuk angin! Pakai jaket sambil minum wedang jahe saja dahhh...biyar ngacir tuh dingin!. Hmm.... Mau tahu kalau ternyata jahe berkasiat ? Baca artikel Mata Situs tentang Jahe Berkasiat sampai selesai yachhh...

Wajarlah bila bila nenek moyang bangsa indonesia sudah akrab dengan tumbuhan yang satu ini. Hingga kini jahe dipergunakan untuk berbagai macam keperluan, dari bumbu dapur, minyak atsiri, jamu tradisonal, campuran roti bahkan samapai digunakan sebagai bahan baku industri obat.

Jahe adalah sahabat di kala dingin

Untuk mengusir dingin dan masuk angin(anti masuk angin) jahe berkasiat memang jagonya. Jahe bisa disulap menjadi minuman penghangat badan bisa dilakukan dengan cara tradisional dengan cara di bakar dan menumbuk terlebih dahulu kemudian di ramu menjadai wedang jahe. akan tetapi di jaman serba canggih ini dibuatlah yang namanya produk jahe instan kemasannya lebih praktis. Ada yang berbentuk jahe celup dicampur bahan lainnya seperti jahe teh, susu jahe, telur madu jahe, susu telor madu jahe(STMJ).

Mengenal Si Jahe Berkasiat

Zingiber officinale  termasuk keluarga zingiberaceae demikian nama dalam bahasa biologi. Tumbuhan yang terdiri dari akar, daun, batang dan hidup merumpun/berkelompok. Tingginya kurang lebih 30 s/d 100 CM. orang biassanya memanfaatkan bagian rimpang yakni akar yang berbentuk seperti umbi. Akan tetapi jangan salah daun dan batangnyapun bermanfaat alias mempunyai kasiat tersendiri.

3 Variasi Jahe


1. Jahe Gajah
Si Jahe Berkasiat
Jahe Gajah
Jahe gajah, Jahe gajah bentuknya putih besar, rimpangnya berukuran besar potongan melintangnya berwarna putih kekuningan, seratnya lembut dan rasanya tidak terlalu pedas dan aromanyapu tiddak terlaluu tajam.

2. Jahe putih kecil

Si Jahe Berkasiat
Jahe Putih Kecil
Jahe Putih Kecil, Sesuai namanya rimpangnya berukuran kecil, kalu diptong melintang berwarna putih kekuningan, rasanya wow... peda dan baunya hemmm...tajam...

3. Jahe Merah
Si Jahe Berkasiat
Jahe Merah
Jahe Merah, Ukurannya kecil rimpangnya berwarna merah seratnya halus rasanya sangat pedas dan aromanya sangat tajam.

Kandungan Jahe

Jahe dapat meningkatkandaya tahan tubuh(immun). Jahe mempunyai efek antioksidan yyang bisa melindungi sel dari kerusakan akibat stres. Ternyata stres dapat di obati dengan cara meminum wedang jahe.

Selain kandungan yang trdapat dalam jahe, jahe juga banyak manfaatnya, contohnya sebagai obat tradisonal. Biasanya digunakan untuk mengobati demam, mencret, infeksi dan pembengkakan hati/liver, mengurangi rasa kembung, menghilangkan dahak tenggorokan, menghilangkan rabun mata karen udara lembab, dan kejang usus. Dan bial di minum secara teratur dapat menghilangkan migrain. Jahe tidak memiliki efek samping terkecuali pendrita penyakit maag.
 
Dan yang paling seru banget ternyata jahe merupakan minuman penduduk surga. Masak sih? mungkin sebagian pembaca belum tau kalau jahe merupan minuman para penghuni surga. Berikut penjelasannya:

"Meraka orang yang bertakwa diberiakn segelas yang campurannya adalah jahe." (Al-Insan:17). Tentu saja jahe yang ada disurga tidak sama dengan jahe kita yang ada di dunia. Sudah taukan tentang Jahe berkasiat? Buruan baut sana nanti bagi-bagi ya...?








Dikutip dari : El-fata edisi 10/11/2012

0 komentar:

Posting Komentar

Semoga Artikel diatas dapat membantu menemukan apa yang sedang Anda cari. Silahkan tinggalkan komentar.